Minggu, 12 Agustus 2012

UNITY ADALAH KUNCI PENUAIAN BESAR-BESARAN! (1)

WARTA SEPEKAN – 12 AGUSTUS 2012

“Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.” Amos 3:7

Segala sesuatu yang terjadi di sepanjang perjalanan gereja kita, tidak tiba-tiba datangnya, melainkan pasti Tuhan sudah memberitahu sebelumnya. Memasuki tahun 2012 Tuhan berbicara, “Tahun 2012 adalah tahun perkenanan Tuhan. Multiplikasi dan promosi terjadi karena perkenanan Tuhan. Mujizat masih ada!”

Untuk mengalami perkenanan Tuhan, kita harus hidup berkenan di hadapan Tuhan. Kalau kita hidup berkenan di hadapan Tuhan, maka kita akan mengalami apa yang disebutkan dalam 1 Korintus 2:9, “… Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” … yaitu mereka yang hidupnya berkenan di hadapan Tuhan.

I. TANDA-TANDA AKHIR JAMAN

1.         Pencurahan Roh Kudus Secara Luar Biasa

    Hari-hari ini Roh Kudus dicurahkan secara luar biasa. Kemuliaan Tuhan akan turun secara luar biasa, seperti Yoel 2:28–32 :

     •    3 generasi akan dipakai Tuhan secara luar biasa

       Anak-anak, pemuda dan orang tua, yaitu 3 generasi akan dipakai Tuhan secara luar biasa.

      •   Terjadinya goncangan-goncangan

       Kita lihat bahwa goncangan-goncangan memang sudah mulai terjadi. Itu belum apa-apanya, namun percayalah kita semua akan dilindungi Tuhan!

      •   Penuaian jiwa besar-besaran

       Akan banyak orang yang berseru kepada Nama Tuhan dan mereka yang berseru kepada Nama Tuhan, mereka akan diselamatkan dan penuaian jiwa besar-besaran terjadi!

2. Penuaian Jiwa Besar-besaran

Leslie Kieghl menubuatkan bahwa World Prayer Assembly yang baru saja terjadi di Indonesia pada tanggal 14–18 Mei 2012 merupakan tanda pendahuluan dimulainya revival global yang akan melanda seluruh dunia oleh karena Roh Kudus. Dan kuncinya adalah: UNITY!

    Dalam Yohanes 17, Tuhan Yesus berdoa, “Bapa, Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka (yaitu kita semua) menjadi satu (unity), sama seperti Kita adalah satu. Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu (dunia akan percaya), bahwa Engkau yang telah mengutus Aku (sebagai Tuhan dan Juruselamat dunia ini) …”

Saya selalu menerjemahkan hal ini sebagai: “setiap lutut bertelut dan setiap lidah mengaku Yesus adalah Tuhan!” Setiap kali saya memperkatakan ini hati saya bergetar. Apakah ketika mendengar tentang penuaian jiwa beribu-ribu laksa Saudara juga merasakan hal yang sama? Amin!

Kuncinya adalah UNITY! Jadi ke depan ini saya percaya Tuhan akan banyak berbicara kepada kita tentang unity. Dan Tuhan berkata, “Segala sesuatu Aku akan lihat dari kata Unity ini!”

Arti unity ini ada banyak, antara lain:

•  kebersamaan,

•  kepedulian,

•  gereja yang ramah terhadap lingkungan,

dan masih banyak lagi aspek lainnya.

Semuanya berbicara tentang unity, ke depan ini aspek-aspeknya akan terus dibukakan satu-persatu nanti. Intinya yang Tuhan mau untuk kita lakukan ke depan ini adalah UNITY! Termasuk keluarga juga harus unity!

Tuhan Yesus berkata, “… Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.” (Matius 18:19).

Kita bisa lihat di sini, bagaimana peneguhan Tuhan akan The Power of Unity! Haleluya!

Mari kita mulai penuaian jiwa beribu-ribu laksa dari keluarga. Paling tidak suami-istri bergandengan-tangan, “Ayo kita sepakat minta penuaian jiwa beribu-ribu laksa … penuaian jiwa 1 milyar jiwa terjadi!” Saya percaya sesuai dengan janji Tuhan, kalau ada 2 orang saja di dunia ini sepakat meminta apapun juga, Tuhan akan kabulkan. Amin!

II. MENJADI SAKSI YESUS

Pesan terakhir Tuhan Yesus sebelum Dia naik ke sorga adalah Kisah Para Rasul 1:8, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Pesan ini ditujukan kepada murid-murid Tuhan Yesus. Kalau Saudara adalah murid, artinya pesan itu juga buat kita semua. Kita semua diminta untuk menjadi saksi Yesus. Amin!

Ciri-ciri saksi Yesus adalah :

1.         Unity

    Sebelum Roh Kudus dicurahkan mereka sudah unity. Di kamar loteng semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama; bukan sendiri-sendiri! Hal ini sudah saya sampaikan kepada gereja-gereja dan denominasi-denominasi. Saya ajak mereka, “Mari kita semua saat ini bergandengan-tangan dalam doa, pujian dan penyembahan bersama-sama.” Inilah yang disebut dengan menara doa. Inilah yang juga disebut dengan Restorasi Pondok Daud. Ini juga yang sering kita katakan dengan hidup intim dengan Tuhan!

2.         Berbahasa Roh

    Pada waktu Roh Kudus dicurahkan, mereka mulai berkata-kata dalam bahasa seperti yang diberikan oleh Roh Kudus untuk mengatakannya. Sebutan ‘mereka’ menggambarkan adanya unity selalu di antara mereka.

    Bagi Saudara yang belum berbahasa roh, saya selalu berdoa, “Tuhan berikan kepada anak-anak-Mu kerinduan untuk mengerti akan hal ini”. Mari mintalah kepada Tuhan dan kalau Saudara meminta dengan satu kerinduan, saya percaya Saudara pasti akan diberikan bahasa itu.

    Ada seorang ahli otak dari Oral Roberts University yang bernama Clark Peterson yang me-riset otak manusia yang berbahasa roh. Dia menemukan bahwa pada waktu kita berbahasa roh, maka ada bagian dari otak kita yang mengeluarkan bahan kimia yang disebut Hormon Endorfin. Hormon inilah yang ditembakkan ke sistem imunitas tubuh, sehingga imunitas tubuh meningkat hingga 35-40%. Luar biasa! Jadi semakin sering kita berbahasa roh, maka imunitas tubuh itu makin meningkat. Apakah Saudara mau sehat? Mari berbahasa roh!

    Yang menarik adalah: bagian otak yang menembakkan hormon Endorfin itu dipicu oleh bagian otak yang lain yang tidak jelas fungsinya. Jadi bagian otak yang memicu kepada bagian otak yang mengeluarkan hormon tersebut hanya berfungsi kalau orang itu berbahasa roh!

3.         Bertekun Dalam Pengajaran Rasul-Rasul

    Setelah Roh Kudus dicurahkan, mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Saya berdoa agar Saudara semua yang ada di sini sebagai saksi Yesus memiliki hati yang lapar dan haus akan kebenaran Firman Tuhan.

Mazmur 1:2-3, “(Berbahagialah orang) … yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.”

    Bayangkan, bahwa apa saja yang diperbuatnya pasti berhasil. Apakah Saudara pernah memikirkan hal itu? Apa saja itu bukan sebagian, bukan sebagian kecil atau sebagian besar, namun apa saja, itu berarti semua yang diperbuatnya pasti berhasil! Amin!

    Di tengah-tengah goncangan dan per-saingan yang ketat seperti sekarang ini apa yang harus kita lakukan?

    Janji Tuhan berkata bahwa apa saja yang kita perbuat pasti berhasil, tetapi itu adalah bagi mereka yang kesukaannya Firman Tuhan dan yang merenungkannya siang dan malam.

    Apa yang harus kita lakukan untuk berhasil?

     •    Berdoa Bagi Kesejahteraan Kota

Yeremia 29:7, “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang (tinggal), dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.”

         Unity itu berbicara tentang kepedulian, karena itu hari-hari ini ada proyek yang disebut dengan MY HOME; di mana my home adalah lingkungan tempat kita tinggal dan bekerja. Mari doakan lingkungan kita!

     •   Mengucap Syukur dalam Segala Situasi

1 Tesalonika 5:18, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

       Hari-hari ini, apa pun keadaan kita, enak atau tidak enak biarlah kita tetap mengucap syukur saja. Apakah Saudara difitnah yang jahat, dikata-katai atau digosipkan, biarlah Saudara tetap mengucap syukur. Tidak usah memaki-maki atau membalasnya.

       Kadang-kadang fitnahan atau gosip itu sebenarnya adalah promosi! Apakah Saudara berpikir bahwa dipromosi hanya dari hal-hal yang baik? Tentu tidak! Promosi kadang-kadang bisa juga dari hal buruk tersebut. Asalkan kita benar di hadapan Tuhan, maka gosip tersebut akan menjadi promosi! Dan yang Tuhan mau kita lakukan adalah mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi Saudara dan bagi saya. Amin!

4.         Berkumpul Memecahkan Roti Dan Berdoa

    Dikatakan bahwa mereka selalu berkumpul memecahkan roti dan berdoa. Berkumpul di sini adalah:

   a. Dengan bertekun dan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Ini adalah tentang Ibadah Raya kita setiap Hari Minggu.

   b. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati sambil memuji Allah. Ini berbicara tentang COOL.

    Saudara, jangan menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan. Ada orang yang berkata, “Buat apa setiap Minggu harus pergi ke Gereja. Pokoknya saya percaya Tuhan, saya menonton khotbah di TV, beres!” Itu tidak benar!

    Firman Tuhan berkata, “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibrani 10:25).

     •   Pertemuan kita setiap hari Minggu seperti ini sangat penting! Pentingnya di mana? UNITY!

     •   Di mana bisa saling menasehati, tetapi kalau Saudara mau lebih kenal lagi atau lebih dekat lagi, maka Saudara harus bergabung di COOL.

    Karena itu jangan ada lagi yang berpikir dan berkata seperti tadi. Tetapi kalau masih ada yang seperti itu, Saudara harus menasehatinya dan beritahu bahwa itu salah karena tidak ada unsur unity-nya. Sedangkan yang Tuhan mau adalah kita unity. Amin!

BERSAMBUNG

Khotbah Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo, Minggu – 5 Agustus 2012 di Senayan.

0 komentar:

Posting Komentar