Minggu, 22 Juli 2012

UNITY ADALAH KUNCI PENUAIAN DAN TRANSFORMASI (2)

Minggu, 17 JUNI 2012

KHOTBAH GEMBALA

UNITY ADALAH KUNCI PENUAIAN DAN TRANSFORMASI (2)

CHANGE DESTINATION – UNITY - TRANSFORMASI

Saya mau bersaksi kepada Saudara. Gereja kita ini diberkati dengan luar biasa dalam segala hal. Tuhan membukakan bagi gereja ini; pelayanan-pelayanan yang terkoneksi dengan dunia secara luar biasa. Dalam tempo 2 tahun terakhir Tuhan bukakan semuanya. Ketika Tuhan membukakan seperti itu, terus-terang saya tidak terpesona akan hal itu. Justru setahun terakhir saya lebih banyak ada di menara doa. Saat saya melihat Tuhan memberkati seperti ini, saya malah berkata, “Tuhan, saya ini tidak bisa apa-apa, kalau bukan Tuhan mana mungkin!” Dan saya tidak tahu bagaimana caranya menuntun gereja ini ke depan, kalau bukan Tuhan yang memimpin. Karena itu saya banyak di menara doa! Biarlah saya berdoa agar setiap Saudara yang sebentar lagi akan diberkati berlimpah … limpah … limpah, lebih banyak di menara doa bersama Tuhan Yesus.

Salah satu acara puncak dari World Prayer Assembly itu adalah penyalaan obor kesatuan di Gelora Bung Karno. 12 orang dipilih untuk menyalakan obor tersebut di mana 6 orang di antaranya mewakili benua dan mereka bukan orang-orang Indonesia. Tetapi 6 orang lainnya adalah orang-orang Indonesia, di mana 4 di antaranya mewakili aras-aras nasional, yaitu Katolik (KWI), PGI, PGLII dan PGPI, tetapi 2 orang sisanya adalah saya dan Pak Daniel Pandji yang mewakili Jaringan Doa Nasional. Kalau saya tidak ada masalah dengan gereja-gereja lain dulunya, mungkin saya tidak terlalu merasakan sesuatu yang luar biasa pada waktu menyalakan obor, tetapi mengingat masa lalu kita; saya hanya bisa menangis pada waktu menyalakan obor kesatuan tersebut. Mengapa?

1. CHANGE DESTINATION

Di masa lalu kita adalah gereja yang paling dijauhi oleh gereja-gereja lain dan saya kenyang dimaki-maki. Pada tahun 2002 ketika seorang pendoa syafaat kita melihat saya dalam penglihatan sedang memakai jas di sebuah stasiun. Lalu ada suara yang berkata, “Change destination! … Change destination!” Waktu itu juga ada suara yang berbicara kepada saya bahwa akan ada perubahan dalam pelayanan saya. Kemudian saya menunggu dan menunggu, sampai pada suatu hari di mana kemuliaan Tuhan yang membuat kita menjadi satu, seperti yang disebutkan dalam Yohanes 17:20–23 itu turun ke atas saya. Apa yang saya rasakan? Ada tekanan yang terjadi dalam pelayanan dan hidup saya, dan saya hanya berseru dan berseru kepada Tuhan waktu itu. Tiba-tiba Tuhan berbicara kepada saya, “Niko, sebetulnya kamu ini sombong! … kamu ini arogan!” Mendengar ini saya tidak tahan dan saya hanya bisa menangis di hadapan Tuhan sambil berkata, “Tuhan, ampuni saya….ampuni saya! Apa yang harus saya perbuat, Tuhan?”

Tuhan berkata, “Kamu harus melakukan 2 hal. Yang pertama turunkan nama gereja yang kamu bangga-banggakan. Yang kedua, kamu datang kepada gereja-gereja lain dan kamu minta maaf kepada mereka!”

Dan saya lakukan kedua hal ini dengan segenap hati saya, lalu apa yang terjadi? Tiba-tiba Roh rekonsiliasi atau Roh yang membuat kita menjadi satu atau kemuliaan Tuhan itu turun atas Indonesia. Dan kita bergandengan-tangan waktu itu dalam doa, pujian dan penyembahan siang dan malam. Gelombang doa atau roh doa itu turun atas Indonesia secara luar biasa. Haleluya! Di tengah-tengah itu Tuhan berbicara tentang transformasi untuk Indonesia, “Indonesia akan mengalami transformasi!” Itulah yang terjadi pada tahun 2003.

2. UNITY

Pada hari Sabtu kemarin bukan kebetulan saya menyampaikan pesan tentang unity di doa pengerja, karena tiba-tiba di koran Kompas juga tertulis, “Kita harus hidup bersama!” dan itu adalah pernyataan dari para pemimpin. Haleluya! Memang negara kita disebut Bhinneka Tunggal Ika atau Unity in Diversity. Itu memang sesuatu yang sudah Tuhan taruh! Kalau itu terjadi, dimulai dengan anak-anak-Nya yang bersatu; Indonesia akan diberkati luar biasa, dan artinya Saudara juga diberkati secara luar biasa!

Saya ingat 6 tahun yang lalu Tuhan memberikan kepada gereja ini pelayanan dalam healing. Sehingga sekarang ada Healing Movement Ministry (HMM). Pada waktu itu Tuhan hanya berkata begini kepada saya, “Kamu pergi ke kota-kota, kumpulkan gereja-gereja di kota itu dan ajak gereja-gereja itu untuk membawa orang-orang miskin, orang sakit, orang yang tidak punya uang untuk ke dokter dan orang yang tidak punya pengharapan sebab Aku akan menyembuhkan mereka!”

Saya sudah melihat dengan mata sendiri, ribuan orang sakit yang disembuhkan seketika oleh Tuhan. Yang lumpuh berjalan, yang buta melihat, yang tuli mendengar, yang sakit kanker dan tumor disembuhkan seketika oleh Tuhan dan juga penyakit-penyakit lainnya. Saudara, itu semua karena kita unity!

Saya mau beritahu Saudara rahasia kenapa bisa sampai dengan hari ini kebanyakan di lapangan-lapangan kita mengadakan KKR. Memang Tuhan mau supaya diadakan di lapangan-lapangan selain untuk masuk TV juga untuk memperlihatkan bahwa Tuhan Yesus masih hidup dan kuasa-Nya serta mujizat-Nya masih ada! Semua itu bisa terjadi karena :

a. Unity Dalam Tubuh Kristus

   Kita berjejaring dengan mereka dan kita dianggap sebagai ‘bapak’ oleh mereka yang disebut dengan hamba-hamba Tuhan Garis Depan yang berjumlah ± 9.000 orang dari sekitar 240 denominasi. Dan denominasi, yayasan serta lembaga yang ada di Indonesia berjumlah 323. Jadi denominasi yang ada hanya di bawah 300, dan yang bersama-sama dengan kita sekitar 240 denominasi yang bergandengan-tangan.

b. Unity Dengan Saudara-Saudara Non Kristen

   Kalau saya sedang KKR di mana-mana, mereka dengan senang hati datang. Para ulama datang duduk bersama dan setelah itu kita makan bersama-sama. Umat mereka yang mau datang pun dipersilakan. Ada unity di sini! Dan hari-hari ini penuaian jiwa beribu-ribu laksa itu benar-benar terjadi!

c. Unity Dalam Keluarga

   Kalau keluarga unity, maka Mazmur 128 yaitu berkat atas rumah tangga pasti terjadi dalam rumah tangga masing-masing. Tuhan Yesus berkata dalam Matius 18:19-20, “Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.” Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”

Bayangkan betapa dahsyatnya the power of unity itu. Artinya, jika dalam sebuah keluarga ada 2 orang sepakat minta apa pun juga, maka permintaan mereka akan dikabulkan! Apa yang Saudara perlukan hari-hari ini? Ini adalah hari perkenanan Tuhan, mari Saudara perkatakan sendiri apa kebutuhan Saudara, tetapi ingat harus sepakat! Sebab kalau Saudara sepakat, maka apa pun yang Saudara perlukan … apa pun yang Saudara butuhkan, Tuhan berjanji dan menjamin, pasti dikabulkan!

3. TRANSFORMASI

Saudara, sebetulnya pada tahun 2005 Indonesia sudah menjadi negara yang collapse. Ada sebuah buku yang berjudul “Collapse” yang ditulis oleh Jared Diamond. Di situ dikatakan bahwa ada 5 parameter yang kalau dialami oleh sebuah Negara dalam tingkatan tertentu; maka Negara itu secara teknis sudah bangkrut. Dan Indonesia masuk kedalam keseluruhan ‘persyaratan’ itu! Jadi pada tahun 2005 sebenarnya Indonesia secara teknis sudah collapse, tetapi mengapa tidak terjadi? Jawabannya, karena ada doa, pujian dan penyembahan bersama-sama siang dan malam dalam unity. Haleluya!

Dan hal itu terus berjalan sampai dengan hari ini. Dan kalau Saudara lihat pertumbuhan Indonesia sampai dengan hari ini, maka transformasi benar-benar terjadi. Kita ini sudah termasuk negara dengan ranking korupsi yang paling tinggi. Tetapi kampanye pemberantasan korupsi dilancarkan dengan cara yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Tuhan telah turun tangan dengan luar biasa untuk Indonesia. Indonesia memang disayang Tuhan! Haleluya!

Saya mendapatkan satu informasi bahwa sebetulnya resesi dunia mulai terjadi hari-hari ini, tetapi yang luar biasa, menurut analisa Indonesia tidak mudah terkena dampak resesi tersebut. Mungkin Indonesia akan mengalaminya juga, tetapi tidak sehebat negara-negara yang mungkin adi-daya. Semua saya percaya oleh karena perkenanan Tuhan untuk Indonesia. Amin!

Roma 12:18, “Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!” Ini adalah unity!

Apa yang harus kita kerjakan ke depan sebagai saksi Yesus?

• Saya sering menggunakan istilah ini: “Saudara harus menjadi gereja yang berdampak terhadap lingkungan.”

• Saya juga akan mengambil istilah dari rekan-rekan kita di Katolik, yaitu: “Saudara harus menjadi gereja yang ramah terhadap lingkungan.”

Mari mulai hari ini, jadilah saksi Yesus, paling tidak Saudara berdoa untuk lingkungan Saudara. Untuk lingkungan RT, RW, Kelurahan dan tempat di mana Saudara bekerja, doakan! Adopsi jalan-jalan di sekitar Saudara yang kita sebut sebagai MY HOME!

Ini semua memang tentang berdoa dan berdoa, tetapi dasarnya tentunya adalah unity. JIka Saudara lakukan ini, maka Saudara menjadi saksi Yesus dan dunia akan dijungkir-balikkan. Sekarang iblis juga berusaha secara keras untuk merebut anak-anak dan semua orang; yang tadinya sungguh-sungguh akan dibuat tidak sungguh-sungguh. Tetapi saya percaya Tuhan Yesus akan melindungi kita semua, asal kita mau mengikuti perintah-perintah-Nya. Saya berdoa agar setiap Saudara menjadi saksi Yesus yang luar biasa. Amin!

0 komentar:

Posting Komentar